zvaigzne eN IT

Jumat, 19 Februari 2010

जेजरिंग pertemanan

Latar Belakang
Internet kini bukan lagi sesuatu yang asing bagi kita, berjamurnya penyedian layanan jasa internet, atau akrab kita kenal dengan sebutan warnet (warung internet), merupakan bukti penngakuan masyarakat atas hadirnya layanan global ini ditengah-tengah mereka. Selain memperlihatkan kemajuan dan semakin akrabnya dunia maya, hal tersebuitnya juga menunjukkan perubahan masyarakat kita yang mulai melek dan sadar akan kehadiran dunia teknologi informasi ditengah-tengah kehidupan mereka. Hal ini memang perlu disyukuri dan dikembangkan lagi, mengingat besarnya manfaat dan fungsi internet bagi kehidupan kita. Efisiensi kerja adalah salah satu dari sekian banyak fungsi yang berguna bagi kita. Saat ini, banyak orang mulai menggunakan fasilitas elektronik mail atau e-mail dalam meal;akukan komunikasi teks dan pengiriman data. Efektifitas waktu, efisiensi kerja, dan faktor ekonomis menjadi alasan peralihan penggunaan sarana komunikasi melalui e-mail ini.
Dunia komunikasi juga turut terambah oleh kemajuan jaringan ini. Sekarang, chatting (komunikasi singkat dalam media teks seperti halnya berkirim Short Message Service/SMS) tidak hanya melulu bertukar kata saja, kegiatan chatting dapat pula dilakukan layaknya menghubungi seseorang lewat telepon dengan melakukan call message, tergantung dari fasilitas yang ada pada penyedia layanan chatting.
Kemudahan-kemudahan yang digambarkan tersebut tentunya tidak pernah lepaas dari peranan user/pengguna Interconection Network karena perkembangan tersebut selalu dipengaruhi oleh minat yang besar dalam menggunakan hasil kemajuan. Dengan demikian, semua komponen bertanggung jawab atas berkembang pesatnya hasil teknologi di bidang IT tersebut.
Mengikuti pesatnya perkembang internet memang tidak ada habisnya, namun bukan berarti kita akan ketinggalan seluruh informasi dari internet. Ada beberapa hal yang bisa digunakan sebagai dasar dalam mempelajari internet, meskipun internet akan selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Sejarah Internet
Berdasarkan catatan sejarah dari berbagai sumber, internet pertama kali hadir di dunia ketika ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) melakukan penyelidikan. Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET, termasuk kaidah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network).
ARPANET itu sendiri merupakan lembaga yang dibentuk oleh ARPA (United States Department of d efense Advanced Research Projects Agency), yang bernaung di bawah Departemen keamanan AS atau Department of Defense (DoD), dengan tujuan utama meneliti dan mengembangkan konsep jaringan agar semua kegiatan transfer data lebih efisien. Pada awalnya, internet hanya digunakan untuk mendukung kegiatan militer, tetapi pada tanggal 01 Januari 1983, ARPANET menukar koneksi dari NPC ke TCP/IP; metode alamat yang terakhir ini lebih sering digunakan dari tahun 90-an hingga sekarang.
Namun demikian, beberapa situs tertentu menambahkan bahwa pembangunan ARPANET dan ARPA ini dipengaruhi oleh perang dingin di antara dua kutub besar di dunia, yaitu AS dan Uni Soviet. Uni Soviet, yang pada tahun 1957 meluncurkan sebuah satelit Sputnik, membuat program tandingan serupa agar kedigdayaan mereka tidak tersaingi oleh US dengan membangun kedua sarana tersebut. Hal inilah yang sampai sekarang menjadi perdebatan di kalangan praktisi internet dalam menentukan mana yang lebih berperan dalam sejarah internet.

Internet pada saat ini
Zaman sekarang, internet merupakan kebutuhan bagi banyak orang karena dengan internet kita bisa mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Kebutuhan internet yang sangat penting sehingga peningkatan jumlah pemakai internet setiap tahun yang selalu meningkat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jumlah pemakai internet selalu meningkat dengan peningkatan yang cukup besar.
` Sekarang banyak sekali layanan-layanan akses internet yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita, Layanan akses Dial-Up, akses ADSL dan masih banyak sekali layanan-layanan akses internet yang bisa kita pilih.
Terdapat pula layanan internet yang menggunakan Wireless Lan yang merupakan akses internet tanpa kabel atau menggunakan gelombang elektromagnetik seperti akses GPRS menggunakan telfon genggam, PDA, laptop, dll. Selain itu sinyal Hotspot yang sering disebarkan ditempat-tempat seperti Mall, Cafe, Kampus, atau berbagai tempat lainnya bisa digunakan untuk mengakses internet, kita hanya perlu membawa peralatan mobile kita ditempat tersebut dan dapat mengakses internet disana.
Untuk dapat mengakses internet baik dengan kabel atau tanpa kabel selain diperlukan seperangkat komputer atau laptop diperlukan juga sebuah alat yang disebut Modem, modem berfungsi sebagai protokol yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya.

Situs Jejaring Sosial
Situs jejaring sosial merupakan situs yang mengikat para penggunanya untuk dapat saling
berinteraksi dan menciptakan komunitas yang luas diantaranya melalui nilai-nilai berupa kesamaan hobi, pandangan politik, dan aspek lain.
Apa sih situs jejaring sosial itu? Apa aja macam situs jejaring sosial? Mungkin kita sering mendengar istilah itu dan mungkin kita sering mendengar orang menyebut MySpace, Facebook dll. Apa sih sebenarnya??
Pengertian situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang terbentuk dari simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan oleh sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam dunia maya. Namun banyak hal lagi yang dapat kita lakukan disini (situs jejaring sosial).





MACAM-MACAM SITUS JEJARING SOSIAL YAITU :

1. MySpace



MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
Pada awalnya my space hanya berorientasi pada situsyang menyediakan layanan situs Jaringsitus , tapi kemudian berkembang ke arah komersil yakni layanan iklan. Layanan iklan pada situs my space akan muncul pada menu bar yang terletak di samping atau dapat juga diletakkan di menu bar lain melalui proses customisasi. Layanan iklan ini dapat diakses siapa saja karena my space menyediakan layanan divisi iklan sebagai pusat informasi bagi calon pengguna layanan ini. Dengan layanan tersebut mekanisme pendaftaran produk untuk layanan iklan my space akan semakin mudah diakses. Tujuan nya adalah pemasaran terhadap member my space situs komunitas tertentu didalamnya.
My space juga menyediakan fitur MySpace Terms of Service yang berguna untuk menciptakan penawaran-penawaran yang dipandu oleh aturan yang dilarang dan dibolehkan.


www.myspace.com




2. Friendster

Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosialk di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya. Friendster juga memiliki layanan iklan seperti halnya pada facebook.
Namun secara khusus tidak ada fitur yang begitu signifikan unsur kekhususannya yang disediakan dalam menu periklanan via friendster.Namun banyaknya komunitas. Menggunakan situs jejaring friendster merupakan benefit terrsendiri untuk pengguna layanan iklan di friendster. Tambahan lain fitur-fitur lain yang disediakan oleh friendster adalah layanan mobile atau telepon seluler jadi akses friendster dapat dilakukan via mobile-phone. Fitur lain adalah layanan CSS [cascading style sheets] yang dapat mengubah tampilan situs pada profil yang bersangkutan yang dapat juga terintegrasi langsung dengan layanan iklan friendster.


3. Hi5


Hi5 adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia (sebagian besar orang yang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexa dalam browser mereka. Pendiri Hi5 sendiri yakni Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai CEO. Pada bulan Januari 2009, Hi5 mengklaim dirinya memiliki lebih dari 60 juta anggota atau member aktif.


www.hi5.com

5. Facebook




Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.



www.facebook.com






6. Twitter



Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.
Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.

7. Linked In

LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.
CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006

8. FUPEI



Jika anda melihat judulnya pasti anda terkecoh karena pasti anda menebak situs ini berbau Jepang atau Cina. Ternyata anda salah, situs ini buatan anak Indonesia asli. FUPEI adalah kependekan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama fupeis.

9. Bebo

Bebo adalah sebuah situs jejaring sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari 2005. Ini banyak dipakai di beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang menggunakan database user yang berbeda. Ada planning untuk merilis versi bahsa Prancis, German dll. Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch, Bebo diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005.
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
"Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".


www.bebo.com














PEMBAHASAN
Menurut saya peranan internet dalam jejaring pertemanan/sosial dibagi menjadi dua, yaitu:
Sebuah Kemajuan
Kita semua tahu, ini adalah era informasi. Informasi terus bergulir seiring dengan detik waktu yang berjalan. Kita dapat mengetahui berbagai informasi dari belahan bumi lain dengan cepat. Informasi terus mengalir tanpa mengenal batas, ruang dan waktu. Ilmupun akan berkembang dengan pesat, dan tersebar keseluruh penjuru dunia. Internet merupakan sarana yang sangat vital bagi negara-negara maju.
Internet merupakan media yang sangat penting. Sumber bagi segala informasi yang sangat bermanfaat. Internet dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yaitu sebagai sarana promosi yang tepat untuk bisnis mereka, ia menjadi referensi dan patokan seseorang untuk mengambil keputusan, sehingga ia mengambil keputusan yang tepat. Di Amerika memakai internet saat hendak membeli mobil atau membuat keputusan finansial atau investasi penting.
Jelas sekali disini internet berperan sebagai media untuk kemajuan sebuah peradaban. Terkadang orang yang belum mengenal internet dicap sebagai orang yang tertinggal (ketinggalan zaman). Di era globalisasi ini seseorang dituntuk untuk selalu mengikuti perkembangan zaman, jika seseorang tersebut tidak bisa mengikutinya maka ia akan tersisih dari kehidupan ini. Internet tidak hanya berperan sebagai media informasi, namun juga sebagai penghubung agar jalinan tali silaturahmi tetap terjaga dengan baik antara kita dan teman kita, yang mungkin sekarang ia berada benua lain.

Manfaat Internet
Jika kita membahas tentang manfaat internet, tentu banyak sekali dan saya tidak bisa memberikan contohnya satu per satu.
Dengan hadirnya internet didalam suatu masyarakat akan berdampak pada majunya suatu masyarakat tersebut, meningkatkan produktivitas, kecerdasan, mutu pendidikan (yang akan dibahas pada sub bab internet untuk pendidikan). internet juga berperan penting dalam pemikiran manusia dewasa ini. Dengan internet manusia dapat membentuk, membuka, dan menyumbangkan pemikiran terhadap dunia ini.

Manfaat Situs Jaringan Pertemanan di Internet
Melalui internet kita bisa menjalin suatu pertemanan dengan siapa saja baik dengan orang yang sudah kita kenal maupun dengan orang yang sama sekali belum kita kenal. Saat ini di internet banyak sekali kita temui situs yang memberikan kita kemudahan untuk melakukan interaksi dengan dunia luar, seperti yahoo, friendster, facebook, twiter, dan masih banyak lagi. Di situs jaringan pertemanan seperti friendster, facebook, twiter bila kita membuat suatu akun dan di profilnya kita memasang foto yang bagus walaupun terkadang ada saja orang-orang tertentu yang sengaja memasang foto orang lain yang lebih menarik di profil mereka, maka hal ini akan menimbulkan daya tarik untuk orang lain yang melihatnya dan orang tersebut akhirnya penasaran lalu mengirimkan suatu pesan pertemanan kepada orang yang menarik perhatiannya itu.
Setelah permintaan pertemanan tersebut direspon maka kedua orang tersebut akan menjalin suatu pertemanan walaupun hanya di dunia maya tetapi mereka merasa senang dan asyik-asyik saja, bahkan adanya juga yang sampai berpacaran walaupun kenyataannya mereka tidak pernah bertemu dan konsekuensinya adalah kalau kedua orang tersebut saling bertemu dan ternyata tidak seperti yang diharapkan maka bisa saja timbul kekecewaan

Internet untuk Pengembangan Komunitas
Manusia selalu menghadapi masalah, terkadang ia tidak bisa menghadapinya sendiri, dan terkadangpula ia bisa menyelesaikanya sehingga ia mendapatkan pelajaran dari kehidupan ini.
Saat kita menghadapi masalah (biasanya tentang pekerjaan) kita memerlukan seseorang atau bahkan sekelompok orang untuk membantu kita. Karena itulah kita sangat perlu yang namanya bersosialisasi didunia maya sekalipun. Dengan adanya milis kita bisa bertanya kepada komunitas kita tentang masalah yang kita hadapi, dan seseorang yang mendapat pelajaran dari sebuah kehidupan akan berbagai dengan kita.
Untuk social networking saya mengambil contoh Friendster. Siapa yang tidak kenal friendster? Semua orang tahu tentang friendster, dari mulai pelajar SMP hingga mahasiswa, dan bahkan para karyawan dan pebisnis pun menggunakanya.
Friendster merupakan fasilitas yang ada di dunia maya untuk bergaul. Didalam Friendster kita bergaul dengan berbagai karakteristik orang. Dalam Friendster kita juga bisa mencari teman berdasarkan tempat tinggal, berdasarkan pekerjaan atau yang lainya, mengirim pesan juga dapat dilakukannya, membuat komunitas sendiri, membuat blog, album foto dan bahkan berbisnis.
Inilah cara bersahabat didunia maya, kita bisa bersahabat dengan orang tanpa memandang suku, agama, golongan dan juga warna kulit. Bergaul dengan menjunjung tinggi toleransi dan rasa hormat, sesuatu yang sangat indah. Inilah digital life style!

Bagaimana mengatasi hal negatif yang ditimbulkan dari situs pertemanan yang kita ikuti?

1. Mengatasi Efek Candu dan Tidak Realistis
Mulailah menggunakan situs pertemanan bila memang ada keperluan penting saja yang ingin kita sampaikan kepada teman kita. Tentunya teman, saudara atau keluarga yang kita hubungi lewat situs adalah orang-orang yang memang berada jauh dan sulit bila dihubungi lewat media lain. Sehingga kita akan menjadi relistis akan kegunaan situs pertemanan. Hindari candu, bahwa tidak wajib anda mengomentari tulisan teman. Jangan mudah tertarik mendapatkan teman baru yang tidak memberi banyak manfaat. Perhatikanlah teman, kerabat dan keluarga yang nyata saat ini berada di sekeliling kita.




2. Mengatasi Efek Lupa Diri
Tetap saja kita memiliki hal yang lebih penting dari pada susunan aktifitas kita di dunia maya. Tentunya kita memiliki pekerjaan yang sesungguhnya dan lebih nyata. Kita memiliki tanggungjawab terhadap diri sendiri, bersosialisasi dengan orang sekitar. Tidak perlu harus kita meng-update status dan data setiap hari. Biarkan situs pertemanan kita sebagai lahan biasa yang cukup dinikmati beberapa waktu saja

3. Mengatasi Efek Kebohongan
Berpikirlah yang nyata. Bahwa apa adanya tetap lebih baik dari pada menutupi dan menyembunyikan hal yang tidak benar. Boleh mengisi data, sebaiknya data pribadi yang sewajarnya. Jika anda suka privasi, lebih baik tidak mengisi dari pada mengarang. Lihatlah manfaat dari info yang kita ingin sebarkan tersebut.

4. Mengatasi Efek Pikiran Negatif
Anda suka memasuki obrolan? Kali ini anda harus lebih berhati-hati. Pembicaraan di dunia maya lebih berpotensi menimbulkan fitnah dari pada manfaat baiknya. Karena kita tidak bertatap langsung. Jadi, kita merasa lebih bebas mengutarakan sesuatu. Jangan terpancing dengan komentar atau tulisan-tulisan dari beberapa teman. Telitilah lebih dulu apakah teman menulis sesuatu yang bermanfaat atau tidak. Jika tulisan tidak mengandung manfaat sedikit pun, maka tinggalkan pembicaraan.

5. Mengatasi Efek Berbangga Diri
Meng-upload foto pribadi untuk memberitahukan kepada teman secara fisik tidak masalah, sebatas untuk perkenalan dan menunjukkan bahwa kita tidak berbohong. Tetapi, jika kita sudah mulai memasang foto diri yang banyak sekali melebihi wajar, anda harus menghindari prilaku ini. Bahayanya adalah timbul rasa berbangga-bangga diri yang pada akhirnya menjadi sombong. Apalagi kalau kita memiliki kelebihan, baik cakep, tampan, cantik, keren dan sebagainya.
Menjaga tali persaudaraan bisa lewat cara yang bermacam-macam. Tak lain dengan cara berteman lewat dunia maya. Ada baiknya, semua dilakukan dalam ambang batas kewajaran dan memiliki manfaat. Kehidupan nyata memiliki andil yang lebih besar dalam mempengaruhi sifat pribadi seseorang.









KESIMPULAN

1. Pengertian situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang terbentuk dari simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan oleh sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam dunia maya.

2. Macam-macam situs jejaring pertemanan/sosial di internet adalah Facebook, MySpace, Friendster, Hi5, Twitter, Bebo, dan Fupei.

3. Manfaat situs jaringan pertemanan di internet kita bisa menjalin suatu pertemanan dengan siapa saja baik dengan orang yang sudah kita kenal maupun dengan orang yang sama sekali belum kita kenal.

4. Mengatasi hal negatif yang ditimbulkan dari situs pertemanan yaitu dengan mengatasi efek candu dan tidak realistis, mengatasi efek lupa diri, mengatasi efek kebohongan, mengatasi efek pikiran negatif, dan mengatasi efek berbangga diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar