zvaigzne eN IT

Jumat, 19 Februari 2010

Situs jejaring sosial merupakan situs yang mengikat para penggunanya untuk dapat saling
berinteraksi dan menciptakan komunitas yang luas diantaranya melalui nilai-nilai berupa kesamaan hobi, pandangan politik, dan aspek lain.

MACAM-MACAM SITUS JEJARING SOSIAL YAITU :


1. MySpace

MySpace adalahsitus jaringan social populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
Pada awalnya my space hanya berorientasi pada situsyang menyediakan layanan situs Jaringsitus , tapi kemudian berkembang ke arah komersil yakni layanan iklan. Layanan iklan pada situs my space akan muncul pada menu bar yang terletak di samping atau dapat juga diletakkan di menu bar lain melalui proses customisasi. Layanan iklan ini dapat diakses siapa saja karena my space menyediakan layanan divisi iklan sebagai pusat informasi bagi calon pengguna layanan ini. Dengan layanan tersebut mekanisme pendaftaran produk untuk layanan iklan my space akan semakin mudah diakses. Tujuan nya adalah pemasaran terhadap member my space situs komunitas tertentu didalamnya.
My space juga menyediakan fitur MySpace Terms of Service yang berguna untuk menciptakan penawaran-penawaran yang dipandu oleh aturan yang dilarang dan
dibolehkan.


2. Friendster

Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosialk di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya. Friendster juga memiliki layanan iklan seperti halnya pada facebook.
Namun secara khusus tidak ada fitur yang begitu signifikan unsur kekhususannya yang disediakan dalam menu periklanan via friendster.Namun banyaknya komunitas. Menggunakan situs jejaring friendster merupakan benefit terrsendiri untuk pengguna layanan iklan di friendster. Tambahan lain fitur-fitur lain yang disediakan oleh friendster adalah layanan mobile atau telepon seluler jadi akses friendster dapat dilakukan via mobile-phone. Fitur lain adalah layanan CSS [cascading style sheets] yang dapat mengubah tampilan situs pada profil yang bersangkutan yang dapat juga terintegrasi langsung dengan layanan iklan friendster.





PEMBAHASAN

Permasalahan

Coba kita renungkan illustrasi berikut :
Seorang anak dikenal sebagai anak yang pemalu disekolahnya, di sekolah tidak banyak yang dilakukannya. Saat istirahat pun saat rekan-rekannya sibuk mengobrol dan bersenda gurau dengan teman sebaya, ia malah asyik dengan dirinya. Jika tidak diperpustakaan untuk membaca maka yangdilakukan hanya sendirian menikmati makan siangnya. Tetapi keadaannya berbeda sekali ketika ia sampai dirumah. Sesampainya dirumah ia langsung menghubungkan komputernya dengan internet. Di internet diluar dugaan ternnyata banyak sekali teman yang dimilikinya. Lewat situs jejaring social (social networking sites) seperti friendster, facebook dan lainnya teman yang dipunyainya ada puluhan bahkan mendekati ratusan. Jika didunia nyata teman-teman yangdimiliki hanya sedikit, didunia maya teman-temannya banyak sekali.
Sebagai guru kita bisa melakukan analisa terhadap pola kehidupan siswa diatas sebagai berikut;
1. Internet bisa menjadi pelarian dari kehidupan nyata bagi siswa, dengan demikian jika dalam kehidupan nyata dia gagal melakukan pertemanan, di dunia maya tinggal tekan tombol bertambahlah satu lagi temannya.
2. Kebutuhan berkomunikasi adalah sifat dasar manusia, jika terhalang dalam satu kesempatan maka individu akan melakukannya dengan fasilitas lain dalam kesempatan yang lain pula.
3. Teknologi internet memungkinkan seseorang ‘merasa’ mempunyai pertemanan dan jaringan sosial, padahal belum tentu juga ada keterikatan emosi yang terjadi disitu.
4. Siswa dan siswi kita mempunyai dua arena bermain, dunia nyata dan dunia maya.
5. Disekolah guru kurang mencermati kepribadian siswa jenis ini, akibatnya penggunaan metode belajar yang membuat anak mau berpikir kritis serta berperan sebagai komunikator yang efektif juga jarang dilakukan.
Pertanyaannya sekarang akankah kita membiarkan siswa kita hidup dalam dunia yang berat sebelah? Saya tidak mengatakan hidup dalam dunia maya (online) tidak nyata karena saat ini hidup didunia maya (online) sama seriusnya dengan hidup didunia nyata (offline).

PENYELESAIAN
Bagaimana mengatasi hal negatif yang ditimbulkan dari situs pertemanan yang kita ikuti?

1. Mengatasi Efek Candu dan Tidak Realistis
Mulailah menggunakan situs pertemanan bila memang ada keperluan penting saja yang ingin kita sampaikan kepada teman kita. Tentunya teman, saudara atau keluarga yang kita hubungi lewat situs adalah orang-orang yang memang berada jauh dan sulit bila dihubungi lewat media lain. Sehingga kita akan menjadi relistis akan kegunaan situs pertemanan. Hindari candu, bahwa tidak wajib anda mengomentari tulisan teman. Jangan mudah tertarik mendapatkan teman baru yang tidak memberi banyak manfaat. Perhatikanlah teman, kerabat dan keluarga yang nyata saat ini berada di sekeliling kita.

2. Mengatasi Efek Lupa Diri
Tetap saja kita memiliki hal yang lebih penting dari pada susunan aktifitas kita di dunia maya. Tentunya kita memiliki pekerjaan yang sesungguhnya dan lebih nyata. Kita memiliki tanggungjawab terhadap diri sendiri, bersosialisasi dengan orang sekitar. Tidak perlu harus kita meng-update status dan data setiap hari. Biarkan situs pertemanan kita sebagai lahan biasa yang cukup dinikmati beberapa waktu saja.

3. Mengatasi Efek Kebohongan
Berpikirlah yang nyata. Bahwa apa adanya tetap lebih baik dari pada menutupi dan menyembunyikan hal yang tidak benar. Boleh mengisi data, sebaiknya data pribadi yang sewajarnya. Jika anda suka privasi, lebih baik tidak mengisi dari pada mengarang. Lihatlah manfaat dari info yang kita ingin sebarkan tersebut.

4. Mengatasi Efek Pikiran Negatif
Anda suka memasuki obrolan? Kali ini anda harus lebih berhati-hati. Pembicaraan di dunia maya lebih berpotensi menimbulkan fitnah dari pada manfaat baiknya. Karena kita tidak bertatap langsung. Jadi, kita merasa lebih bebas mengutarakan sesuatu. Jangan terpancing dengan komentar atau tulisan-tulisan dari beberapa teman. Telitilah lebih dulu apakah teman menulis sesuatu yang bermanfaat atau tidak. Jika tulisan tidak mengandung manfaat sedikit pun, maka tinggalkan pembicaraan.

5. Mengatasi Efek Berbangga Diri
Meng-upload foto pribadi untuk memberitahukan kepada teman secara fisik tidak masalah, sebatas untuk perkenalan dan menunjukkan bahwa kita tidak berbohong. Tetapi, jika kita sudah mulai memasang foto diri yang banyak sekali melebihi wajar, anda harus menghindari prilaku ini. Bahayanya adalah timbul rasa berbangga-bangga diri yang pada akhirnya menjadi sombong. Apalagi kalau kita memiliki kelebihan, baik cakep, tampan, cantik, keren dan sebagainya.

Menjaga tali persaudaraan bisa lewat cara yang bermacam-macam. Tak lain dengan cara berteman lewat dunia maya. Ada baiknya, semua dilakukan dalam ambang batas kewajaran dan memiliki manfaat. Kehidupan nyata memiliki andil yang lebih besar dalam mempengaruhi sifat pribadi seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar